Senin, 14 November 2011

JURNAL PERILAKU KONSUMEN

Nama    : Aji Fahmi Kamal
Kelas    : 3EA15
NPM     : 13209529

”SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN”


1
Nama penulis / Tahun
Basu Swastha Dharmmesta

2
Judul Penelitian
Loyalitas pelanggan : sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti.

3
Sumber jurnal / URL
Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia 1999
vol 14, no. 3,73-88
Universitas Gajah Mada

4
Masalah / Tema / Topik

1.       Paritas merek (brand parity) menjadi tantangan bagi pemasar untuk mengatasinya.
2.       Bagaimana mengidentifikasi pelangga yang loyal pada merek ?

5
Teori-teori yang digunakan
1.       pemasaran
2.       perilaku konsumen

6
Tujuan penelitian
1.       untuk mengetahui tahap tahap loyalitas pelanggan.
2.       Untuk mengidentifikasi pelanggan yang loyalitas.

7
Hipotesis
Loyalitas pelanggan sebetulnya berasal dari loyalitas merek yang mencerminkan loyalitas pelanggan pada merek tertentu.

8

Metode-metode penelitian
Objek
Merek dan atribut lain yang melekat pada produk

Jenis Data
-          pengambilan sampel pada konsumen dengan wawancara
-          daftar pustaka

Model / teori yang diuji
S1 =b0 + b1Perf1 + b2Et + b3St-1 + Trend + nt
S1             = kepuasan pada periode t
Perf1     = kinerja (perilaku pada tingkat perusahaan)
Et             = pengharapan tentang kinerja pada periode t
St-1          = kepuasan pada periode t-1
Trend = factor trend standard untuk memperhitungkan perubahan kepuasann dari tahun ke tahun
Nt             = variable random yang terdistribusi secara independen dan identik dengan rata-rata nol dan variable terbatas

9
Deskriptif / interpretasi data
Karena pendekatan behavioral menekan =kan pada tindakan riil konsumen dalam pembelian ulang maka model matematis di muka dapat dimodifikasi ke dalam model konseptual.

10
Kesimpulan
Pengujian tentang terjadinya loyalitas dengan menghubungkan antara sikap relative dan pembelian ulang dalam kerangka pendekatan attitudinal dan behavorial dapat dilakukan melalui penelitian-penelitian lebih lanjut di masa mendatang. Ini sangat disarankan karena belum banyak penelitian penelitian tentang loyalitas pelanggan di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar